Kamis, 05 November 2009

Jail is Never Ending........


Beberapa hari yg lalu gw berkesempatan mengunjungi salah satu tempat yg slama ini belum pernah gw kunjungi... Padahal hampir dikatakan gw sering lalu lalang di depannya tanpa tau apa-apa... (sebenernya udah lama gw pengen tau n menyelidiki, tapi ga punya kesempatan dan ga da alasan yg kuat buat gw ke situ).

Dan akhirnya kesempatan untuk mengunjunginya datang juga... (karena Tugas kampus sih)
Ya Gw Mengunjungi LAPAS (Lembaga Permasyarakatan)...

Di sana gw dan rekan-rekan berkesempatan mengunjungi dan melakukan dialog denga para tahanan... Ada empat orang napi (nara pidana) yang di ajukan ke kami... dan salah satunya napi yg di vonis hukuman MATI...

Empat Orang itu adalah...

1. Bapak Tua/ Kakek-kakek (Di dakwa dengan Tuduhan Pembunuhan, korban seorang bapak-bapak).
2. Cowok Cakep [kata cewek-cewek yg ikut](Di dakwa dengan Tuduhan Pembunuhan Berencana, korban 3 orang).
3. Cewek cantik (Di dakwa dengan Tuduhan Penggelapan, korban banyak [uang puluhan juta]).
4. Anak Kecil [15th] (Di dakwa dengan Tuduhan Pembunuhan, korban seorang anak kecil).


Sadisss.... Penjahat semua cui...
Nah, karena tujuan kami kesana bukannya sekedar JJS (jalan-jalan sore), melainkan untuk mengetahui Studi Kasus Kriminologi secara langsung... Maka Kamipun meminta mereka menceritakan hal ihwal kenapa mereka bisa di jebloskan ke lapas tersebut...

Cerita bergulir dari A hingga Z.... wusss...wusss...wussss dan kamipun terpaku mendengar kesaksian mereka, terbersit rasa iba, sedih, kesal, marah dll... Dari kesaksian mereka kami belajar untuk menyidik secara cepat dan ringan, apakah pantas mereka di hukum dan apa saja yg melatar belakanginya...

Dan gw mencoba untuk membuat hasil penelitian gw :

1. Teori Cessare Lombrosso terbantahkan, karena dari segi fisik, mereka berempat tidak sama dengan yg dikatakan Lombrosso. Malah mereka ganten-ganteng dan cantik.
2. Orang-orang yg berada di Lapas, bukan sampah masyarakat seperti apa yg dikatakan selama ini. Mereka juga manusia yg memiliki hak yg sama seperti kita. Dan Kita harus membantu mereka untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, bukan malah menghancurkannya.
3. Tindak kriminal sekecil apapun harus di tindak dan di hukum sesuai hukum yang berlaku, dan masyarakat memegang peran penting dalam hal ini. karena berjalannya hukum itu karena masyarakatnya.
4. Hal yg mendasari tindak kriminal lebih kepada lingkungannya.
5. Tingkat kejahatan dari tahun ketahun mengalami peningkatan di bidang sistemnya, semakin lama semakin soft sehingga para penegak hukum harus lebih teliti dalam menegakkan hukum tersebut.
6. Penjara akan tetap berisi sampai kapanpun, karena bakat jahat setiap manusia itu telah ada semenjak ia di dalam perut.


CUma itu yg bisa gw ambil kesimpulannya... kalau ada teman-teman yg bisa membantu tentang Kriminologi tolong di infokan yah... Thank...

4 komentar:

  1. Benarkah jahat adalah sebuah bakat?

    Selama ini aku selalu berpendapat bahwa setiap orang pada dasarnya baik.
    Jadi aku sulit menerima kalau orang jahat itu ada...
    bahkan meski pada narapidana pun, aku selalu percaya mereka sebenarnya baik..

    BalasHapus
  2. Emang, setiap orang itu baik...

    tapi pada dasarnya manusia itu punya bakat jahat... Jahat itu artinya luas... Bisa menyakiti, menyebalkan, mengganggu, hingga hal-hal yg ekstrem...

    nah dari bayi aja kita udah jahat... di kasih minum ASI, eh malah menggigit hingga kesakitan ortu kita... itu termasuk defenisi bakat jahat..

    BalasHapus
  3. yakkk aq juga mau koreksi "Bakat Jahat"
    yg aq tau ... manusia itu sejak lahir memiliki sisi positif dan negatif.. namun tergantung individu itu sendiri yang dapat mengembangkannya... bila sisi negatif yg di condongkan..maka akan lahirlah kejahatan.....

    nah untuk bakan sendiri... setiap orang emang udh bawa dari lahir.. tp bukan bakat jahat...
    karen bakat sendiri merupakan keahlian atau ketrampilan...

    sedangkan jahat adalah "sifat"

    jd ganjil rasanya bila tiap manusia sejak lahir membawa bakat jahat...
    tp lebih adil jika kalimatnya diganti
    "tiap manusia yg lahir ke dunia ini memiliki sifat baik dan buruk" tergantung bagaimana ia mengkondisikan perilaku....terhadap lingkungan...


    sekian dan terimakasihhhh
    hahahahahah cailaaaaaa seriusss benerrr gw!!

    BalasHapus
  4. Raski... Gni deh aku jlasin...

    Knapa Gw bilang kita semua punya bakat jahat sejak lahir???

    gini percontohannya :

    Seorang anak yg lahir dengan bakat menyanyi belum tentu dia bisa dan mau menjadi penyanyi, dan begitu juga dengan kita yg terlahir dengan bakat jahat, belum tentu kita mau dan bisa menjadi jahat....

    menjadi jahat tidak sama dengan bakat jahat...
    menjadi jahat itu memiliki faktor2 pendukung lain, sedangkan bakat jahat tidak punya faktor pendukung...

    kira2 begitu penjelasannya...

    BalasHapus